Langsung ke konten utama

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran


Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berupa orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya belajar pada dirinya.
Pemanfaatan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Ada enam langkah yang bisa ditempuh guru pada waktu ia mengajar dengan mempergunakan media, yaitu :
1.       Merumuskan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media
2.       Persiapan guru. Pada fase ini guru memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan
3.   Persiapan kelas. Pada fase ini siswa atau kelas harus mempunyai persiapan, sebelum mereka menerima pelajaran dengan menggunakan media
4.     Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media. Pada fase ini penyajian bahan pelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran.
5. Langkah kegiatan relajar siswa. Pada fase ini siswa belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran.
6.     Langkah evaluasi pembelajaran. Pada langkah ini kegiatan pembelajaran dievaluasi, sampai sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, yang sekaligus dapat dinilai sejauh mana pengaruh media sebagai alat bantu dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa.
Ciri-ciri Media Pembelajaran
Terdapat 3 ciri media yang bisa menjadi petunjuk kenapa media tersebut digunakan serta apa saja yang bisa dilakukan yang sekiranya seorang pengajar tidak mampu untuk melakukannya. Jadi ke-tiga ciri itu di antaranya adalah :
1)    Ciri fiksatif
 Fiksatif menggambarkan bagaimana media itu merekam, lalu menyimpan dan melestarikan maupun merekonstruksikan sebuah objek atau peristiwa. 
2)    Ciri manipulative
Manipulatif ini merupakan transformasi atas suatu peristiwa ataupun objek yang sekiranya masih dimungkinkan, karena media tersebut masih mempunyai ciri manipulatif.
3)    Ciri distributive
Distributive dari sebuah media memungkinkan suatu peristiwa ataupun objek akan ditransportasikan melalui ruang serta bersamaan dengan itu akan disajikan kepada semua peserta didik sehingga mereka mendapatkan stimulus pengalaman yang sama mengenai hal tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran A.Media Pembelajaran berupa Alat Peraga Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu: Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu 1.Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik 2.Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya 3.Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan 4.Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya. Kekurangan alat peraga yaitu: 1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru. 2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan 3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantuuntuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. Alat peraga dalam pengajaran bukan s...

Contoh Skenario Pembelajaran

Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia A.      Kegiatan Awal 1.       Guru mengawali pembelajaran dengan membaca salam dan doa. 2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/pelajaran, penyampaian tujuan pelajaran ini berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. 3.       Guru menggali pengetahuan siswa tentang tempat wisata. B.      Kegiatan Inti 1.       Guru menyajikan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata. Teks bacaan yang sudah disiapkan, nantinya akan dibacakan secara lantang didepan siswa. Kemudian siswa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang ada didalam teks bacaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada didalam teks bacaan diantaranya : a.        Memahami judul teks bacaan. b.       Menemukan hal-hal pen...