Langsung ke konten utama

Konsep Media Pembelajaran

Konsep Media Pembelajaran

Konsepsi Media Pembelajaran
   Pengertian belajar yaitu usaha sadar seseorang untuk merubah tingkah laku, melalui interaksi dengan sumber belajar. Perubahan tingkah laku yang dihasilkan bersifat permanen dan ke arah positif. Perubahan tingkah laku dapat berupa kognitif, afektif, dan psikhomotorik. Proses belajar hanya dapat berlangsung jika terjadi interaksi antara si belajar dengan sumber belajar.

Belajar, Mengajar dan Pembelajaran  
   Terjadinya proses belajar tidak selalu harus ada seseorang yang mengajar. Kegiatan belajar tidak dapat diwakili orang lain, harus dialami sendiri oleh si belajar. Mengajar merupakan upaya untuk membuat orang lain belajar, sedangkan istilah "pembelajaran" sendiri lebih bermakna bagi si belajar daripada "pengajaran". Peran utama pembelajar (guru, tutor, widyaiswara) adalah menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar pada si belajar.

Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
   Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, alat, bahan, teknik dan lingkungan. Kombinasi bahan (soft-ware) dan alat (hard-ware) dinamakan media pembelajaran. Sedangkan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan pebelajar sehingga mendorong terjadinya kegiatan belajar.

Kontribusi Media dalam Pembelajaran
   Kontribusi media dalam pembelajaran antara lain yaitu penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar, pembelajaran dapat lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar, waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

Peran Media dalam Pembelajaran
   Adapun peran media dalam pembelajaran antara lain membuat kongkrit konsep abstrak, mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting, memberikan pengganti pengalaman langsung, mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati, memberikan pengalaman segi pengamatan, menyajikan perbedaan warna secara visual, dan menyajikan informasi yang memerlukan gerak.

Tipe Gaya Belajar menurut Jeannett Vos antara lain sebagai berikut:
  •  Tipe Auditorial: Belajar lebih efektif dengan cara mendengarkan.
  • Visual              : Belajar lebih efektif dengan cara melihat.
  • Kinestetik        : Belajar lebih efektif jika sambil melakukan sesuatu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran A.Media Pembelajaran berupa Alat Peraga Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu: Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu 1.Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik 2.Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya 3.Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan 4.Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya. Kekurangan alat peraga yaitu: 1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru. 2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan 3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantuuntuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. Alat peraga dalam pengajaran bukan s...

Contoh Skenario Pembelajaran

Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia A.      Kegiatan Awal 1.       Guru mengawali pembelajaran dengan membaca salam dan doa. 2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/pelajaran, penyampaian tujuan pelajaran ini berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. 3.       Guru menggali pengetahuan siswa tentang tempat wisata. B.      Kegiatan Inti 1.       Guru menyajikan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata. Teks bacaan yang sudah disiapkan, nantinya akan dibacakan secara lantang didepan siswa. Kemudian siswa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang ada didalam teks bacaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada didalam teks bacaan diantaranya : a.        Memahami judul teks bacaan. b.       Menemukan hal-hal pen...

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berupa orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya belajar pada dirinya. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Ada enam langkah yang bisa ditempuh guru pada waktu ia mengajar dengan mempergunakan media, yaitu : 1.        Merumuskan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media 2.        Persiapan guru. Pada fase ini guru memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan 3.     Persiapan kelas. Pada fase ini siswa atau kelas harus mempunyai persiapan, sebelum mereka menerima pelajaran dengan menggunakan media 4.       Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media. Pada fa...