Konsep Media Pembelajaran
Konsepsi Media Pembelajaran
Pengertian belajar yaitu usaha sadar seseorang untuk merubah tingkah laku, melalui interaksi dengan sumber belajar. Perubahan tingkah laku yang dihasilkan bersifat permanen dan ke arah positif. Perubahan tingkah laku dapat berupa kognitif, afektif, dan psikhomotorik. Proses belajar hanya dapat berlangsung jika terjadi interaksi antara si belajar dengan sumber belajar.
Belajar, Mengajar dan Pembelajaran
Terjadinya proses belajar tidak selalu harus ada seseorang yang mengajar. Kegiatan belajar tidak dapat diwakili orang lain, harus dialami sendiri oleh si belajar. Mengajar merupakan upaya untuk membuat orang lain belajar, sedangkan istilah "pembelajaran" sendiri lebih bermakna bagi si belajar daripada "pengajaran". Peran utama pembelajar (guru, tutor, widyaiswara) adalah menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar pada si belajar.
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, alat, bahan, teknik dan lingkungan. Kombinasi bahan (soft-ware) dan alat (hard-ware) dinamakan media pembelajaran. Sedangkan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan pebelajar sehingga mendorong terjadinya kegiatan belajar.
Kontribusi Media dalam Pembelajaran
Kontribusi media dalam pembelajaran antara lain yaitu penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar, pembelajaran dapat lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar, waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
Peran Media dalam Pembelajaran
Adapun peran media dalam pembelajaran antara lain membuat kongkrit konsep abstrak, mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting, memberikan pengganti pengalaman langsung, mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati, memberikan pengalaman segi pengamatan, menyajikan perbedaan warna secara visual, dan menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
Tipe Gaya Belajar menurut Jeannett Vos antara lain sebagai berikut:
- Tipe Auditorial: Belajar lebih efektif dengan cara mendengarkan.
- Visual : Belajar lebih efektif dengan cara melihat.
- Kinestetik : Belajar lebih efektif jika sambil melakukan sesuatu.
Komentar
Posting Komentar