Langsung ke konten utama

Contoh Skenario Pembelajaran



Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia

A.     Kegiatan Awal
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan membaca salam dan doa.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/pelajaran, penyampaian tujuan pelajaran ini berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
3.      Guru menggali pengetahuan siswa tentang tempat wisata.
B.     Kegiatan Inti
1.      Guru menyajikan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata. Teks bacaan yang sudah disiapkan, nantinya akan dibacakan secara lantang didepan siswa. Kemudian siswa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang ada didalam teks bacaan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada didalam teks bacaan diantaranya :
a.       Memahami judul teks bacaan.
b.      Menemukan hal-hal penting yang ada didalam paragraf.
c.       Mencatat hal-hal penting yang ada didalam tiap masing-masing paragraf.
2.      Guru membacakan teks bacaan dengan suara lantang serta memperhatikan intonasi, jeda dan tanda baca.
3.      Siswa menyimak isi teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata.
4.      Siswa menuliskan hal-hal penting/pokok dari teks yang dibacakan.
5.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait isi teks bacaan.
C.     Kegiatan Akhir
1.      Guru memberikan penguatan materi yang sudah dibelajarkan.
2.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam penutup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran A.Media Pembelajaran berupa Alat Peraga Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu: Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu 1.Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik 2.Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya 3.Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan 4.Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya. Kekurangan alat peraga yaitu: 1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru. 2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan 3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantuuntuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. Alat peraga dalam pengajaran bukan s...

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berupa orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya belajar pada dirinya. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Ada enam langkah yang bisa ditempuh guru pada waktu ia mengajar dengan mempergunakan media, yaitu : 1.        Merumuskan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media 2.        Persiapan guru. Pada fase ini guru memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan 3.     Persiapan kelas. Pada fase ini siswa atau kelas harus mempunyai persiapan, sebelum mereka menerima pelajaran dengan menggunakan media 4.       Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media. Pada fa...