Langsung ke konten utama

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran



Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran
A.Media Pembelajaran berupa Alat Peraga
Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu:
Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu
1.Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
2.Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
3.Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan
4.Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya.
Kekurangan alat peraga yaitu:
1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru.
2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan
3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil
Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantuuntuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap. Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.Penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran harus dioptimalisasi. Dengan peragaan dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar. Alat peraga dapat menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna.
B.Media Pembelajaran berupa Media Display
 Kelebihan media display
1.      Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
2.      Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
3.      Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
4.      Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.

Kekurangan media display
1.      Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
2.      Media audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
3.      Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
4.      Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berpikir abstrak.
5.      Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.
C. Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead Transparency)
Kelebihan Media OHT
  1. Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
  2. Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
  3. Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
  4. Tidak memerlukan operator secara khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
  5. Dapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.
  6. Program OHT dapat digunakan berulang-ulang.
Kelemahan Media OHT
  1. Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
  2. OHT dan OHP merupakan hal yang tak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bisa diproyeksikan melalui OHP.
  3. Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.
D.Media Pembelajaran berupa Komputer
Kelebihan Media Komputer

1.   Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2.   Mampu menimbulkan rasa senang selama dan menambah motivasi belajar siswa.
3.   Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video      dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
4.  Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
5.   Media penyimpanan yang relative mudah dan fleksibel.
6.   Dapat menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
7.   Dapat menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

   Kekurangan Media Komputer

1.    Biaya relative mahal untuk tahap awal
2.    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan
3.    Belum memadainya perhatian dari pemerintah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skenario Pembelajaran

Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia A.      Kegiatan Awal 1.       Guru mengawali pembelajaran dengan membaca salam dan doa. 2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/pelajaran, penyampaian tujuan pelajaran ini berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. 3.       Guru menggali pengetahuan siswa tentang tempat wisata. B.      Kegiatan Inti 1.       Guru menyajikan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata. Teks bacaan yang sudah disiapkan, nantinya akan dibacakan secara lantang didepan siswa. Kemudian siswa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang ada didalam teks bacaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada didalam teks bacaan diantaranya : a.        Memahami judul teks bacaan. b.       Menemukan hal-hal pen...

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran

Kedudukan Media Dalam Pembelajaran Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berupa orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya belajar pada dirinya. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Ada enam langkah yang bisa ditempuh guru pada waktu ia mengajar dengan mempergunakan media, yaitu : 1.        Merumuskan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media 2.        Persiapan guru. Pada fase ini guru memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan 3.     Persiapan kelas. Pada fase ini siswa atau kelas harus mempunyai persiapan, sebelum mereka menerima pelajaran dengan menggunakan media 4.       Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media. Pada fa...